Bismillahirrachmannirrahiim Rabbighfirlii wa liwaalidayya warhamhumaa kamaa rabbayaanii shaghiiraa. Ya Tuhanku, ampunilah dosaku dan dosa ayah dan ibuku serta kasihilah mereka sebagaimana kasih mereka padaku sewaktu aku masih kecil. Amien .....

RPP Rangkaian Akuisisi Data

Program Studi : Teknik Elektronika UBHARA Surabaya
Mata Kuliah : Rangkaian Akuisisi Data
Semester : V (lima)
Jumlah sks : 3 (tiga)



Standar Kompetensi : Menerapkan konsep dan prinsip Sistem Akuisisi Data Digital
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan Sistem Akuisi Data Digital beserta aplikasinya

Indikator:
1. Mendeskripsikan Sistem Akuisisi Data Digital beserta aplikasinya
2. Merancang aplikasi Sistem Akuisisi Data Digital.
  1. Tujuan Perkuliahan:
    Mahasiswa dapat/mampu
    1. Mengikuti perkembangan Sistem Akuisisi Data
    2. Memahami Sistem Akuisisi Data Digital
    3. Merancang Sistem Akuisi Data Digital beserta aplikasinya
  2. Materi Kuliah:
    Sistem Akuisi Data dan macamya; Struktur Sistem Akuisisi Data Digital dan macamnya; Elemen Penunjang Sistem Akuisisi Data Digital; Elemen Maasukan Sistem Akuisisi Data Digital; Elemen Sampling Sistem Akuisisi Data Digital; Elemen Kontrol Sistem Akuisisi Data Digital; Elemen Keluaran Sistem Akuisisi Data Digital; Rekayasa Disain Sistem Akuisisi Data Digital; Sistem Akuisisi Data Digital dalam bentuk single chip; Aplikasi Sistem Akuisisi Data Digital sebagai sistem kontrol proses manufaktur dalam industri; Studi Kasus.

  3. Metoda Perkuliahan:
    1. Model:
    1. Direct Instruction (DI)
    2. Cooperative Learning
    2. Metode:
    1. Diskusi kelompok
    2. Keterampilan proses
  4. Langkah-langkah Perkuliahan:

    PERTEMUAN PERTAMA (3 x 50 menit)
    A. Kegiatan awal: (25 menit)
    1. Motivasi / Apersepsi
    2. Prasyarat Pengetahuan

    B. Kegiatan Inti : (100 menit)

     Dosen membagi 4 kelompok diskusi, setiap kelompok terdiri dari 5 orang mahasiswa. Dari Buku Pegangan Mahasiswa, setiap kelompok diminta untuk mempelajari konsep tentang sistem akuisisi data serta memanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari.
     Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi dengan menggunakan media Power Point,didepan kelas.
    - Kelompok pertama diminta untuk mempresentasikan perkembangan sistem akuisisi data.
    - Kelompok Kedua diminta untuk mempresentasikan aplikasi sistem akuisisi data dalam kehidupan sehari-hari.
    - Kelompok Ketiga diminta untuk mempresentasikan sistem akuisi data sebagai sistem kontrol manufaktur di industri
    - Kelompok Kempat diminta untuk mempresentasikan sebuah kasus sistem kontrol manufaktur di industri.

    C. Kegiatan Akhir : (25 menit)
     Menyimpulkan Materi Pembelajaran.
     Memberi tugas menyelesaikan soal-soal pada mahasiswa untuk diselesaikan di rumah dari buku masing-masing mahasiswa.

    PERTEMUAN KEDUA (3 x 50 menit)

    A. Kegiatan awal : (25 menit )
    1. Motivasi / Apersepsi
    2. Prasyarat Pengetahuan

    B. Kegiatan Inti : (100 menit)
    • Melanjutkan Presentasi dari Kelompok lima
    • Kelompok enam diminta untuk mempresentasikan
    • Kelompok Ketujuh diminta untuk mempresentasikan

    C. Kegiatan Akhir : (25 menit)
     Dosen menyimpulkan Materi Pelajaran
     Memberi tugas menyelesaikan soal-soal pada mahasiswa untuk diselesaikan di rumah dari buku masing-masing mahasiswa.

  5. Alat / Bahan / Sumber Belajar:
    a. Alat /Media pembelajaran:
    - Multimedia, computer, LCD
    - Flash Disk, Bahan Presentasi, White board, Lembar permasalahan
    b. Sumber:
    - Sumber lain yang relevan

  6. Penilaian:
    a. Bentuk Tes: Pertanyaan lisan, tes tertulis
    b. Penilaian Proses:
    - Penilaian proses belajar mengajar
    - Penilaian hasil belajar
    c. Penilaian Unjuk Kerja :
    - Mahasiswa sering bertanya
    - Mahasiswa mengeluarkan pendapat
    - Mahasiswa aktif bekerjasama
    d. Lembar Pengamatan:
    - Keaktifan Mahasiswa
    - Disiplin
    - Bekerja Sama
    e. Kriterian Penilaian: Proses Belajar Mengajar

    No Nama Siswa Skor
    Menjawab Pertanyaan Tanya jawab Berdiskusi Kerjasama
    Tidak Pernah Jarang sering Tidak Pernah Jarang Sering Tidak Pernah Jarang Sering Tidak Pernah Jarang Sering
    0 3 5 0 3 5 0 3 5 0 3 5


Mengetahui, Surabaya, Juli 2010
Dekan Fakultas Teknik Ubhara Dosen Pengampu

No comments:

Post a Comment